PERENCANAAN ZONA SELAMAT SEKOLAH DI KOTA PADANG
(Studi Kasus: Kawasan SMP, SMK, SMA Kartika Simpang Haru)
Keywords:
ZoSS, Kapasitas, TrotoarAbstract
Kota Padang merupakan salah satu kota dengan tingkat gangguan lalu lintas yang cukup besar. Hal ini disebabkan karena Kota Padang merupakan salah satu kota dengan aktivitas harian dan tingkat kepadatan penduduk cukup tinggi. Dengan adanya fasilitas ZoSS yang memadai maka akan terciptanya kondisi aman dan nyaman supaya terhindar dari kecelakaan. Hasil analisis kapasitas ruas pada Jalan Dr. Sutomo adalah 2895,5 smp/jam. Setelah diketahui perbandingan volume lalu lintas dengan kapasitas dasar maka disimpulkan bahwa derajat kejenuhan di Jalan Dr. Sutomo sebesar 0,58 dan tingkat pelayanannya adalah C. Dari hasil analisis karakteristik pengguna jalan didapatkan bahwa Total pejalan kaki menyusuri kawasan sekolah di sebelah kanan sebanyak 247 pejalan kaki/ jam dan sebelah kiri sebanyak 190 pejalan kaki/jam. Persantase perilaku penyeberang jalan didapatkan bahwa prosedur baku cara menyeberang tengok kanan 28%, tengok kiri 9%, dan tengok kanan kiri 63%. Cara menyeberang berlari 9% dan berjalan 91%. Staus menyeberang tidak mandiri 8% dan mandiri 92%. Jenis kelamin laki-laki 35% dan perempuan 65%. Dari hasil analisis pejalan kaki menyusuri menghasilkan fasilitas pejalan kaki berupa trotoar dengan minimal lebar 1,05 meter dan untuk fasilitas penyebrang menghasilkan fasilitas berupa Zebra Cross. Fasilitas keselamatan jalan dibutuhkan adalah trotoar, zebracross, rambu rambu lalu lintas, dan ZoSS. Rencana anggaran biaya zona selamat sekolah sebesar Rp 15.624.060. Rencana anggaran biaya trotoar sebesar Rp 446.174.032
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Oktiva Wulandari, Bayu Budi Irawan, Hazmal Herman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.