KINERJA MARSHALL CAMPURAN AC-WC DENGAN MENGGUNAKAN SERBUK BATA MERAH RECYCLING SEBAGAI SUBSTITUSI FILLER

Authors

  • redaksi redaksi
  • Dwina Archenita Politeknik Negeri Padang

Keywords:

Asphalt Concrete - Wearing Course (AC-WC), Serbuk Bata Merah Recycling (SBR), Filler, Stabilitas, Kadar Aspal Optimum (KAO)

Abstract

Asphalt Concrete – Wearing Course (AC-WC) merupakan salah satu produk campuran beraspal yang kini banyak digunakan oleh Departemen Pekerjaan Umum. Salah satu faktor penentu kinerja lapis perkerasan jalan adalah mutu material pembentuk campuran terutama agregat karena persentase agregat dalam campuran perkerasan dapat mencapai 75 - 85% dari total volume campuran  atau berkisar 90% dari total berat campuran. Dalam menjamin kelancaran pelaksanaan di lapangan, hal yang penting diperhatikan adalah ketersediaan material pembentuk campuran. Salah satu material pembentuk yang cukup sulit ketersediaannya adalah filler yang berasal dari abu batu. Oleh karena itu perlu diteliti material alternatif, diantaranya adalah Serbuk Bata Merah Recycling (SBR) sebagai material alternatif filler.  Pengujian dilakukan dengan Metoda Marshall, dengan melakukan penggantian Sebagian filler dengan beberapa variasi dalam campuran AC-WC. Variasi substitusi filler adalah 0%, 5%, 10%, dan 15% dari berat filler yang digunakan, dengan variasi kadar aspal 5% - 7% berselang 0,5%. Hasil pengujian Marshall menunjukkan bahwa stabilitas campuran dengan substitusi filler pada semua variasi memenuhi spesifikasi 2018 (> 800 kg) sebagai acuan yang digunakan Departemen PU, dengan stabilitas tertinggi pada variasi 10% yaitu 1786,96 kg. Nilai kadar aspal optimum (KAO) semakin meningkat dengan adanya substitusi SBR bila dibandingkan dengan campuran tanpa substitusi filler (0%) yaitu 5,5% dengan SBR-0%  ; 6,2% dengan SBR-5% ; 6,6% dengan SBR-10% dan 6,63% dengan SBR-15%. Hal ini menunjukkan bahwa SBR dapat digunakan sebagai filler pada campuran AC-WC, namun persentase penggunaan masih terbatas dan perlu diteliti lebih lanjut.

Downloads

Published

11-02-2024

Issue

Section

Transportation Systems and Engineering