EVALUASI DAN DESAIN PUTAR BALIK ARAH (U-TURN)STUDI KASUS: JALAN BYPASS KM 7

Authors

  • afrizal firman Universitas Dharma Andalas
  • Bayu Budi Irawan Universitas Dharma Andalas
  • darwizal Daoed Universitas Dharma Andalas

Keywords:

putar balik, Kapasitas, derajat kejenuhan, desain

Abstract

Permasalahan transportasi di kota-kota besar di Indonesia semakin meningkat dari waktu ke waktu sejalan dengan pertumbuhan populasi. Hal ini berdampak terhadap kinerja ruas jalan, dan perilaku gerak putar balik (u-turn) pada bukaan median jalan khususnya di Jalan Bypass Padang Km 7 Depan Rumah Sakit Semen Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja ruas jalan dan u-turn. Pedoman yang digunakan adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) dan Pedoman Perencanaan Putar Balik (2005). Berdasarkan hasil analisis maka didapatkan kinerja ruas jalan menggunakan indikator tingkat pelayanan pada kategori C. Sedangkan kinerja fasilitas u-turn adalah 8-10 detik, artinya sudah sesuai dengan standar Pedoman Perencanaan Putar Balik 2005 yaitu lebih kecil dari 14 detik.

Downloads

Published

12-03-2024