PENERAPAN METODE LINE OF BALANCE PADA PENJADWALAN PROYEK PRESERVASI JALAN SIMPANG NIAM-LUBUK KAMBING 1 PROVINSI JAMBI

Authors

  • Romie Tri Anggara Universitas Putra Indonesia YPTK-Padang
  • Mediana Desfita Universitas Putra Indonesia YPTK-Padang
  • Maiyozzi Chairi Universitas Putra Indonesia YPTK-Padang

Keywords:

Repetitive Project, Line of Balance Method, Reschedulling

Abstract

Pada proyek konstruksi sering menemui proyek yang memiliki beberapa unit pekerjaan yang sama, seperti salah satunya pekerjaan jalan raya, proyek multi unit ini ditandai dengan aktivitas-aktivitas umum ke dalam aktivitas-aktivitas khusus. Pada penjadwalan eksisting dilapangan pelaksanaan Proyek Preservasi Jalan Simpang Niam-Lubuk Kambing 1 masih menggunakan metode penjadwalan konvensional yaitu berupa metode Kurva S. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efisiensi line of balance (LoB), mengidentifikasi keuntungan dan menentukan durasi pelaksanaan pekerjaan menggunakan metode line of balance (LoB). Pembahasan dalam penelitian ini disampaikan dengan bentuk penelitian kuantitatif dan karakteristik perancangan penelitian ini bersifat penelitian evaluative dengan menggunakan metode line of balance (LoB). Hasil yang diperoleh dari penjadwalan eksisting yaitu selama 228 hari. Sedangkan dengan menggunakan metode line of balance (LoB) diperoleh yaitu selama 162 hari. Artinya proyek akan lebih cepat selesai jika menggunakan metode penjadwalan line of balance (LoB). Selain itu, metode ini juga sangat sesuai apabila digunakan pada proyek yang memiliki karakteristik berulang (repetitif) khususnya seperti proyek jalan raya.

Author Biographies

Romie Tri Anggara, Universitas Putra Indonesia YPTK-Padang

Teknik Sipil

Mediana Desfita, Universitas Putra Indonesia YPTK-Padang

tEKNIK sIPIL

Maiyozzi Chairi, Universitas Putra Indonesia YPTK-Padang

Teknik Sipil

Downloads

Published

26-02-2024