PERENCANAAN KESELAMATAN KONSTRUKSI PEKERJAAN KEPALA TIANG (PIER HEAD) JEMBATAN

Authors

  • Siti Rahmadani Siregar Universitas Andalas
  • Benny Hidayat Universitas Andalas
  • Akhmad Suraji Universitas Andalas

Keywords:

construction safety planning, pier head

Abstract

Indonesia merupakan negara berkembang yang mengalami peningkatan dalam pembangunan infrastruktur, salah satu proyek yang sedang banyak dilaksanakan adalah pembangunan jalan dan jembatan yang bertujuan untuk mendukung dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta kemakmuran masyarakat. Meningkatnya pembangunan jalan dan jembatan yang terus dilaksanakan di Indonesia memungkinkan adanya potensi terhadap timbulnya kecelakaan konstruksi. Perencanaan keselamatan konstruksi yang lemah dapat memicu terjadinya kecelakaan konstruksi, hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman mengenai keselamatan konstruksi. Oleh karena itu, perencanaan keselamatan konstruksi dilakukan untuk mencegah kecelakaan konstruksi dan mengurangi risiko akibat kecelakaan konstruksi. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar kuisioner kepada tenaga ahli/praktisi terkait penilaian risiko dalam bentuk kerugian biaya. Selain itu, dalam perencanaan pengendalian bahaya pekerjaan didasarkan pada studi literatur, peraturan dan ketentuan yang ada di Indonesia maupun luar Indonesia. Didapatkan kesimpulan pada studi kasus ini biaya kerugian yang timbulkan akibat kecelakaan lebih besar dari biaya pengendalian untuk menghindari kecelakaan yang akan terjadi. Pada pekerjaan pier head terdapat 90 potensi bahaya dengan nilai risiko tertinggi terdapat pada bahaya bekisting roboh sebesar 15 dan nilai risiko terendah terdapat pada bahaya kawat bendrat terpental sebesar 1.

Author Biographies

Siti Rahmadani Siregar, Universitas Andalas

Teknik Sipil

Benny Hidayat, Universitas Andalas

Teknik Sipil

Akhmad Suraji, Universitas Andalas

Teknik Sipil

Downloads

Published

12-02-2024