PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) PADA RUAS JALAN BUNGA TANJUNG KOTA DUMAI

Authors

  • Natasya Ayu Anggraini Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Keywords:

jalan, manual desain perkerasan jalan, hasil desain perkerasan

Abstract

Jalan merupakan salah satu prasarana perhubungan darat yang mempunyai peranan penting bagi pertumbuhan perekonomian, sosial budaya, pengembangan wilayah pariwisata, dan pertahanan keamanan untuk menunjang pembangunan nasional. Perencanaan tebal suatu struktur perkerasan jalan bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kelancaran bagi pengguna jalan serta diharapkan dapat membantu peningkatan perekonomian masyarakat sekitar. Perencanaan tebal lapis perkerasan jalan dilakukan dengan menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan 2017. Daya dukung subgrade di lokasi penelitian tersebut tergolong baik melalui pengujian DCP (Dynamic Cone Penetrometer) dengan nilai yaitu sebesar 11,1 %. Perencanaan perkerasan kaku (rigid pavement) menggunakan jenis perkerasan beton semen bersambung dengan tulangan dengan menggunakan ketebalan 200 mm atau 20 cm. Untuk pondasi bawah menggunakan lapis pondasi agregat kelas A dengan tebal 12,5 cm.Dengan perhitungan tulangan arah memanjang menggunakan tulangan polos diameter 10 mm dengan jarak 20 cm, tulangan dengan arah melintang menggunakan tulangan polos diameter 10 mm dengan jarak 20 cm. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan metode-metode desain Perkerasan Jalan Kaku yang lainnya seperti metode AASTHO dan Metode Analisa Komponen.

Downloads

Published

10-02-2024

Issue

Section

Transportation Systems and Engineering