ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DI KOTA PADANG

(Studi Kasus: Jln.Ir.H Juanda depan hotel pangeran)

Authors

  • Ridwan Ridwan Institut Teknologi Padang

Keywords:

kendaraan, kemacetan, lalu lintas, persimpangan, transportasi

Abstract

Kemacetan lalu lintas lalu lintas terjadi karena pengaruh aktifitas simpang, dan tidak adanya lampu yang mengatur lalu lintas pada simpang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja ruas jalan Ir. H Juanda, menganalisis pengaruh hambatan samping terhadap kemacetan lalu lintas, memberikan gambaran solusi dari dampak kemacetan. Pada penelitian ini menggunakan data-data berupa data primer dan data sekunder. Data primer adalah data kondisi geometrik jalan yaitu berupa data tipe jalan, panjang jalan yang di survey, lebar jalur, lebar trotoar dan lebar bahu jalan pada jalan tersebut yang di survey secara langsung. Penghitungan volume kendaraan menggunakan aplikasi traffic counter. Hasil analisa diperoleh Volume tertinggi pada data satu sebesar 2117,4 smp/jam, Hambatan samping pada ruas jalan dan simpang sangat rendah karena nilai frekuensinya kurang dari 100. Kecepatan paling lambat diperoleh pada data satu, dengan nilai kecepatan 11,02 km/jam, Kapasitas (C) ruas jalan diperoleh 2344,36 smp/jam, nilai derajat kejenuhan (Dj) pada ruas jalan diperoleh 0,90 dengan nilai rasio E yang mana Arus tidak stabil, kecepatan terkadang berhenti, permintaan sudah mendekati kapasitas, nilai derajat kejenuhan (Dj) pada simpang diperoleh 1,33 yang menunjukkan bahwa volume lalu lintas pada simpang dihancurkan pada tingkat pelayanan F dengan karakteristik Arus dipaksakan, kecepatan rendah, volume di atas kapasitas, antrian panjang (macet), nilai tundaan simpang (T) sebesar 415,17 det/smp, nilai peluang antrian (PA) berkisar 73,26% - 152,73%.

Downloads

Published

10-02-2024

Issue

Section

Transportation Systems and Engineering